Dec 22, 2009

Tips Merawat Sepatu Agar Awet

Tips: Cara merawat sepatu.Sepatu, selain sebagai alas kaki juga sebagai salah satu pelengkap untuk mendongkrak penampilan seseorang. Maka, memiliki lebih dari sepasang sepatu (beberapa bahkan ada yang memiliki puluhan pasang) tentu bukan sesuatu yang baru ditelinga kita. Dengan memiliki banyak sepatu, seseorang dapat dengan mudah mencocokan warna sepatu dengan warna pakaian.

Sang pemilik sepatu juga tentu dituntut untuk melakukan perawatan terhadap sepatunya agar keindahannnya tetap terjaga. Berikut ini ada beberapa tips cara merawat sepatu agar lebih awet.


1. Jangan menggunakan sepatu dalam keadaan kaki basah karena penggunaan seperti ini dapat membuat bakteri berkembang biak dan membuat sepatu memiliki aroma yang tidak sedap. Sebaiknya, keringkanlah kaki sebelum menggunakan sepatu.

2. Simpanlah sepatu pada rak yang teratur, jangan ditumpuk dengan sepatu lain, karena akan merusak dan mengotori sepatu yang ada di bagian bawah. Gunakanlah alat penyangga berbentuk sepatu atau yang dikenal denagan shoe tree. Penggunaan alat ini dapat menjaga agar bentuk sepatu tidak rusak. Simpanlah sepatu di tempat yang kering dan tidak lembap.

3. Hindari mengeringkan sepatu di bawah terik matahari secara langsung, karena akan membuat warna sepatu menjadi pudar. Sebaiknya sepatu yang basah dikeringkan dengan menggunakan kipas angin sampai setengah kering, kemudian biarkan sepatu tersebut kering dengan sendirinya.

4. Rekatkan kembali bagian sepatu yang sudah lepas. Hal ini dapat membuat sepatu lebih awet.

5. Untuk sepatu yang berbahan dasar kulit dapat dibersihkan dengan mengelapnya dengan kain halus tanpa mengggunakan air. Untuk sepatu berbahan dasar suede dapat menggunakan sikat halus. Sedangkan untuk sepatu yang berbahan dasar kain, kita dapat mencucinya tanpa menggunakan sabun.

6. Gunakan semprotan khusus untuk penghilang bau pada sepatu. Setelah itu biarkan tertiup angin baru dipakai.

Jika sepatu lebih awet, tentu akan menghemat banyak biaya untuk perbaikannya, atau pun untuk membeli sepatu yang baru. Biaya untuk mengganti sepatu yang lama, dapat kita gunakan untuk keperluan lain. Semoga tips dan cara merawat sepatu ini bisa bermanfaat.