Nov 12, 2010

Kelelawar Unik Sumatera Kelelawar Langka

Fenomena aneh dan fenomena alam Indonesia-

kelelawar Langka sumatera
Seekor kelelawar langka dan unik ditemukan di sebuah kawasan kecil di hutan hujan pulau Sumatera. Para pemerhati lingkungan menyebutkan, penemuan ini menunjukkan bahwa bahkan secuil sisa hutan sekalipun, tetap perlu dilindungi.

Konservasionis dari Inggris menemukan kelelawar Ridley dengan hidung bagai daun itu ditemukan di hutan yang hanya seluas 300 hektar, saat mereka melakukan survey keanekaragaman hayati di Sumatera Barat, Indonesia.

Kelelawar Ridley berhidung daun (Hipposideros ridleyi) ditemukan bertengger di rongga pohon (di dalam cekungan dan rongga pohon, di bawah pohon-pohon tumbang, dan bongkahan kayu). Oleh International Union for Conservation of Nature, kelelawar tersebut tergolong ke dalam daftar spesies yang terancam dan perlu dilindungi.

Saat ini, hutan kecil di Sumatera itu dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit. Seperti diketahui, perkebunan seringkali dibuat di kawasan hutan yang dibabat dan kemudian semakin meluas ke kawasan tempat berhuninya spesies langka.

Selain kelelawar, pada survey yang dilakukan, ditemukan pula beruang matahari, tapir, siamang tangkas, dan lutung. Semuanya juga termasuk dalam daftar satwa yang terancam punah.
Kelelawar Unik Sumatera
foto kelelawar langka diambil dari: http://teknologi.vivanews.com/news/read/188392-kelelawar-langka-ditemukan-di-sumatera
Foto kelelawar unik sumatera diambil dari: http://sains.kompas.com/read/2010/11/10/13344898/Kelelawar.Langka.Ditemukan.di.Sumatera