Jan 17, 2011

Menghilangkan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Cara menghilangkan kebiasaan ngemil di malam hari - 5 Tips menghilangkan kebiasaan ngemil di malam hari.

Stop ngemil, mendingan ngomel
Ngemil sebelum tidur di malam hari memang menyenangkan. Beberapa orang bahkan sudah menjadikannya kebiasaan. Yang patut dicatat adalah bahwa kebiasaan ngemil di malam hari merupakan kebiasaan buruk. Kebiasaan yang tidak sehat. Lantas, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk tersebut? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghentikan kebiasaan ngemil tersebut.

1. Makan kenyang pagi dan siang hari

Sarapan pagi seringkali dilewatkan karena takut perut menggembul. Nah, ini dia strategi yang kurang pas untuk Anda. Pagi hari adalah awal dari semua kegiatan Anda, tentunya tubuh membutuhkan asupan gizi dan energi yang banyak untuk beraktivitas. Sehingga sangat disarankan Anda tidak melewatkan sarapan pagi begitu saja.

Lunch, adalah hal yang tak kalah penting dari sarapan pagi. Di sini Anda akan menyediakan asupan energi untuk sepanjang malam nanti. Jadi pastikan Anda tak terlambat dan tidak lupa untuk mengisi lunch dengan menu-menu sehat dan bergizi. Jika perut kenyang, tentunya Anda tak akan mencari-cari makanan di kulkas lagi kan?

2. Isi perut 2 jam sekali

Ok, terutama bagi Anda yang tak tahan untuk 'TIDAK MENGUNYAH', atur menu Anda dan bagi sedemikian rupa agar bisa dikonsumsi setiap 2 jam sekali. Trik ini akan membantu Anda kenyang lebih lama, dan nilai plusnya, perut Anda tak akan buncit karena kekenyangan. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol dan membatasi jumlah porsi makan Anda.

3. Sikat gigi di malam hari

Setelah selesai berkegiatan, menyikat gigilah pukul 20.00. Dengan ini secara otomatis Anda akan enggan untuk mencuri-curi camilan di kulkas.

4. Gantikan dengan minum

Minimal 8 gelas air mineral dalam sehari, ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Seringkali perut mengira masih lapar, padahal ternyata tubuh hanya kehausan.

Oleh karena itu, perbanyak minum agar Anda tidak tertipu oleh rasa lapar dan haus.

5. Hindari begadang

Seringkali begadang akan membuat Anda lebih mudah lapar. Terutama jika Anda bengong dan termenung di dalam ruangan yang terang. Lebih baik hindari begadang, tidur tepat waktu dan matikan lampu. Selain hemat energi, tubuh akan beristirahat lebih maksimal dan hasrat ngemil secara otomatis akan hilang.

 Nah, itulah beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan ngemil. Selamat mencoba!