Mar 23, 2011

Cerpen "My Lovely Town"


My Lovely Town
Oleh : Annisa H M Sani


“Nggak mau mamaaah…!!! Shinta nggak mau pindah! Shinta mau tetep di Jakarta, titik!!”
“Kamu harus mau Shin! Papa dipindah tugaskan ke Purwokerto dan kita semua harus pindah! Mama juga sudah siapkan sekolah untuk kamu disana. Sekolahnya juga nggak kalah keualitasnya dibanding sekolahmu disini”
“Ya ampun, Shinta nggak mau mah… pokoknya Shinta mau tetep disini!”
“Beneran kamu mau tinggal ? kamu berani hidup sendirian di Jakarta ?” Apa ? Sendirian ? Gue bakal sendirian hidup di Jakarta, sedangkan mama, papa, dan kak Rizal pindah ke Purwokerto ?! apa gue bisa ? ah enggak-enggak, terang gue nggak bisa! Kalau semua pergi, ntar siapa yang mau anter gue ke sekolah kalau bukan papah ? ntar siapa yang masak makanan kalo bukan mamah ? terus, ntar siapa yang mau bantu gue ngerjain PR kalo bukan kak Rizal ?! Aduuh… kenapa keadaannya jadi gini sih ? kenapa juga papa harus pindah tugas ke Purwokerto ? Kak Rizal juga, kok dia mau-mau aja ikut pindah kesana ? biasanya kan kita sehati! Aaarrrggghhh….. gue bingungg!!!
“Okeh Okeh, aku mau. Tapi weekend ini, ijinin Shinta pergi sama temen-temen Shinta, untuk terakhir kali”
“Nggak bisa Shin, kita akan berangkat hari sabtu, karena papa sudah mulai tugas hari seninnya”
“iiihh.. mamah tega banget sih!!!!” gue langsung pergi ninggalin mamah diruang tengah menuju ke kamar. Gue tutup pintu kamar keras-keras, biar semua orang tahu kalau gue lagi sebel, kesel, gedek!! Aaarrrgghh… kenapa semua ini harus terjaddiii?! Gue ambil hape dan memencet nomor Denta, sahabat gue. Semoga aja dia bisa bantu nenangin perasaan gue.
Nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi, mohon untuk menghubungi beberapa saat lagi
Gillaa!! Disaat seperti ini kenapa nomernya malah nggak aktif ?? Katanya lu sahabat gue, sahabat yang selalu ada buat gue, tapi kemana lu waktu gue butuh ?? Sial!!

***
Sudah hari sabtu, hari yang sama sekali nggak gue ingini, karena ini hari terakhir gue di Jakarta. Nanti sore, kita semua bakal pindah ke Purwokerto. Gue udah nggak bisa apa-apa lagi, nggak ada gunanya lagi gue nolak toh mereka juga nggak mau denger alesan gue. Tapi kenapa, disaat seperti ini gue masih belum bisa hubungin Denta ? lu kemana sih ? gue pengin ketemu elu Den, gue pengen pamitan sama elu!
“Woy, jangan bengong mulu dong, bantuin beres-beres kek!” kata kak Rizal dengan nada agak tinggi.
“Kak anterin aku bentar yuk . . . tolong …”
“Kemana ?”
“Ke rumah Denta, aku pengen pamitan sama dia”
“Kenapa harus ke rumahnya sih ? ditelpon kan bisa ?!”
“Dari kemarin tuh nomernya ngak aktif kak. Pliiss kak… bentaaar aja”
“Ya udah, kaka ganti baju dulu”
Akhirnya gue dan kak Rizal berangkat menuju ke rumah Denta. Rumahnya emang agak jauh dari rumahku, ya 45 menit baru nyampe lah. Sesampainya di rumahnya, pembantunya bilang kalau Denta sedang pergi ke Puncak sekeluarga. Kalian tahu betapa kecewanya gue saat itu ? rasanya gue pengen banget nangis! Untung ada kak Rizal yang nenangin gue, dia coba menghibur gue dengan membelikan es krim kesukaan gue. Thank’s kak !

***
Ketika gue buka mata setelah semalaman tidur dimobil, gue langsung liat papan didepan jalan yang bertulisan “SELAMAT DATANG DI KOTA SATRIA”. Ah, sekarang gue udah bener-bener ninggalin Jakarta. Dan inilah kota baru gue, kehidupan baru gue. Ikhlas nggak ikhlas, gue harus bisa beradaptasi dengan masyarakat sini. Yang gue tahu, masyarakat Purwokerto tuh orangnya medhok-medhok. Lucu kali ya ? hehe… Akhirnya sampai juga di rumah baru kita, di kawasan perumahan Permata Hijau. Katanya sih perumahan ini cukup elite di kota ini, tapi kalau dibandingkan dengan perumahan yang ada di Jakarta, jauh lah!
Hari senin tiba, saatnya gue masuk ke sekolah baru gue. Ya, SMA N 2 Purwokerto adalah sekolah pilihan ortu buat gue. Katanya kualitas sekolah ini nggak kalah bagus dari sekolah gue di Jakarta. Dan, inilah kelas baru gue, XII IPS-2. Feeling gue nggak enak sama kelas ini. dari luar aja, udah kedengeran berisiknya, beda sama kelas gue di Jakarta! Aduuhh.. cukup Shinta, lu jangan banding-bandingin lagi antara Purwokerto dengan Jakarta, nggak ada gunanya !
“Ee… Hay, kenalin nama gue Shinta Wijaya. Gue …” belum selesai gue ngenalin diri, eh udah ada yang nyela omongan gue, pake bahasa planet lagi!
“Hhaa.. gua gue …! Nengene langka gua gue mbak! Anane ya inyong, hhaahhaaa”1 sialan! Gue diketawain hampir seluruh kelas. Bener-bener malu-maluin!
“Diam semua!! Nggak ada sopan santunnya sama sekali kalian! Ini teman baru kalian, bersikaplah sedikit ramah dengannya!” hadduh.. tengkyu bu atas pembelaannya, tapi itu belum cukup buat nutupin rasa malu gue! Mau nggak mau, gue harus nerusin perkenalan ini.
“mm… gue, eh saya pindahan dari SMA 23 Jakarta. Salam kenal ya … dan saya mohon bantuan teman-teman untuk saya bisa beradaptasi disini. Terimakasih ” gue melihat kearah Ibu guru, berharap dia mempersilahkan gue duduk. Gue udah nggak tahan lama-lama berdiri didepan, kayak patung diliatin banyak orang.
“Oke Shinta, sekarang kamu duduk di sebelah Tami ya” Waduh, Tami yang mana lagi? gue kan nggak kenal siapa-siapa!
“Maaf bu, Tami yang mana ya ?”
“Itu Tami, yang berkerudung” kulihat tangan bu guru yang mengarah ke cewek berkerudung yang duduk di bangku kedua dari depan. Cantik juga tuh cewek, kayaknya cewek baik dia. Lalu gue menuju ketempat duduknya. Dan pelajarapun dimulai. Awal yang sukup baik, karena hari ini dimulai dengan pelajaran favorit gue, Geografi!
Teng teng teng ……………….!!!
Bel istirahat berbunyi. Gue yang bingung mau kemana, lalu diajak Tami ke kantin. Ya, untuk saat ini gue udah mulai akrab sama dia. Dia ramah kok sama gue, nyambung kalo gue ajak ngobrol.
“Kamu mau beli apa Shin ?”
“Mi ayam aja deh, sama es teh. Kamu ?”
“Ya udah deh, sama. Ya udah, aku pesen dulu, kamu cari tempat duduk ya ?”
“Okeh …” nyari tempat duduk dimana ? rame semua! Ah, tuh dipojokan kayaknya ada yang kosong, disana aja deh. Pas gue lagi jalan menuju meja itu, eh tiba-tiba dari belakang ada yang dorong gue sampai gue jatuh. Aaww siaalll ……!!
“Aaduhh . . . Aaww…” kepala gue membentur meja dan, tiba-tiba semuanya gelap…… zzZZZ
Pas gue buka mata, gue lihat ada dua orang disamping gue lagi berdiri nungguin gue. Yang satu gue tahu banget, itu Tami, tapi yang satu, tuh cowok  siapa ?
“Alhamdulillah kamu udah sadar Shin…” kata Tami sambil memegang tangan gue. Tadi gue pingsan ya? Kok sampai di UKS gini? Ah ya, gue inget! Tadi waktu dikantin gue didorong dari belakang sama orang sampai kepala gue kebentur meja. Sialan, gue mesti cari tuh orang!
“Tam Tam … tadi aku didorong sama siapa aku nggak tahu, sampai kepalaku kebentur meja, sakit banget tau Tam … siapa sih orangnya?! Awas ya nanti kalo aku udah tau siapa orangnya, nggak ada ampun!!” Waduuh, kok gue jadi nyrocos kayak beo gini ? Tami sampai bingung ngelihat gue yang ngomong terus.
“Uuupss…Maaf. Oya, dia siapa Tam ?” tanya gue sambil memegangi kepala gue yang masih  cenat-cenut. Hhi, kayak lagu aja, cenat-cenut…
“Hendi. Ngapurane yoo miki uis nabrak koe. Yakin aku ra sengaja”2 sahutnya pake bahasa plus logat medhok khas Banyumas yang bener-bener kental!
“Kamu ngomong apa sih, aku nggak ngerti …!!”
“Tam, kae ra ngerti basane dewek apa ?”3 katanya bisik-bisik ke Tami
“Ora hen, nganggo basa Indonesia bae!”4 balas Tami sambil menepuk bahu Hendi. Aduuh.. kalian ngomong apa’an sih ??? kalian ngeledek gue ato gimana ???!! aarrgghh.. nyebelint!!
“Kalian ngomong apa’an sih ?!” Kata gue dengan nada tinggi.
“Eem.. aku… aku mau minta maaf, tadi udah nabrak kamu. Ak..aku bener-bener nggak sengaja, sumpah!” kata Hendi dengan nada ketakutan
“Oooowwwhhh……….. jadi elu yang udah bikin gua jadi kayak gini ?! Awas lu yah !!!” gue langsung turun dari tempat tidur dan berlari mengejar Hendi yang udah lari duluan. Hendi awas luuu…….!!!!!!
Bel pulang sekolah berbunyi tepat pukul setengah dua. Gue langsung menuju gerbang dan menunggu jemputan kak Rizal. Gila, capek banget gue… si Hendi larinya cepet banget kayak maling! Tapi awas, besok gue pasti bisa nangkep elu!

***
Hmm… suasana malam di kota Purwokerto, biasa aja. Nggak ada yang istimewa, nggak kaya di Jakarta.. Uupps… Oke oke, gue nggak akan banding-bandingin lagi, janji gue! Di perumahan kok sepi ya ?? pengen jalan-jalan . . . ajak kak Rizal deh, dia pasti mau.
“Kak, pergi yuukk …”
“Kemana ?”
“Ya kemana kek, gue bosen dirumah terus …”
“Adduh, nggak bisa Shin, gue lagi ngurus registrasi buat besok”
“Ah nyebelint!” Uh, kenapa nggak dari tadi siang sih ?! Mama sama papa kan suruh registrasi hari ini! selain gue, kak Rizal juga kudu pindah kuliah disini, di Unsoed. Harusnya kan tadi registrasi buat mahasiswa transferan, eh malah tidur-tiduran dari pagi ampe siang. Dasar males!
Waktu gue masuk kamar, tiba-tiba hape gue bunyi. Gue lihat di telpon, panggilan dari Denta. Akhirnya lu nongol juga Den!
“Halo Den …”
“Eh Shin ? lu tega ya? Pindah nggak bilang-bilang sama gue! Sahabat macam apa lu! Lu tahu tadi disekolah gue nyariin lu, kata guru BP lu pindah. Trus pulang sekolah gue mampir ke rumah lu, tapi kata tetangga lu udah pergi dari hari sabtu! Lu kenapa nggak ngasih tahu gue sih ?? telpon kek, sms kek atau gimana…. Bla bla bla” gila ni orang, ngomong kayak kereta gitu nggak ada habisnya! Sembarangan lu, telpon langsung marah-marah ke gue, harusnya gue yang marah sama elu!!
“LU BISA DIEM NGGAK???! Giliran gue yang ngomong!”
“Okeh!!”
“Lu apa-apa’am sih Den, harusnya gue yang marah sama elu. Dari hari kamis gue coba buat telpon elu tapi hape lu nggak aktif. Besoknya gue kerumah elu, tapi kata pembantu lu, lu pada lagi ke puncak! Sekarang siapa yang salah hah??!!” Denta diam beberapa saat
“Eh kenapa lu diem ? ngerasa bersalah lu ?!”
“Nggak! Gue nggak trima! Kalo nggak ada elu, trus gue gimana dong? Gue pulang sekolah sama siapa ? trus, siapa yang mau nraktir gue nyalon lagi kalo bukan elu . . .”
“Appaah??!! Wah lu kebangetan ya Den, ternyata selama ini lu manfaatin gue?! Gue kecewa sama elu!!!” tuuuuuttt…. Langsung gue mati’in telponnya. Bener-bener nggak nyangka gue, ternyata selama dia cuma manfaatin gue doang! Bener kata temen-temen, Denta itu nggak sebaik yang gue kira. Aku tertipu olehnya!!

***
Sudah hampir setengah tahun gue tinggal di Purwokerto, dan gue mulai kerasan tinggal dan sekolah disini. Orangnya ramah-ramah. Oya, disekolah gue udah mulai punya banyak temen, selain Tami. Ada Rista, Helma, Ryan, Rio, Hendi, Ayu, dll. Hendi ?? Ya, Hendi yang dulu nabrak gue sampe kepala gue cenat-cenut, hehe… sekarang kita sudah berteman. Gue udah ikhlas maafin dia. Ternyata, dia orangnya kocak juga, tentunya dengan logat medhoknya yang biki gue selalu cikikikan sendiri kalo dengerin dia ngomong pake bahasa Indonesia. Eh, ngomong-ngomong bahasa. Sedikit sedikit, gue udah paham bahasa sini. Misalnya, aku itu bisa aku, atau inyong. Kamu itu koe, rika. Makan bisa maem, madang, dll. Ah pokoknya lucu deh. Lama-lama gue tertarik bahasa sini, ya walaupun nilai bahasa jawa gue hancur lebur tapi gue akan terus belajar. Spirritt!!!
Nggak terasa minggu depan gue UAN. Semoga gue bisa deh ngerjainnya. Lagian, otak gue nggak bego-bego amat. Selama ini nilai gue bagus-bagus kok, gue bisa ngimbangin pelajaran disini walaupun gue murid baru. Oya, pulang sekolah nanti gue sama anak-anak mau pada jalan-jalan. Ya itung-itung buat refreshing lah, dari kemarin try out mulu . . . ya nggak ?? hhee
“Shin, kamu sama aku ya ?” Tanya Rio yang tiba-tiba udah jalan disamping gue
“Emm… Terus nanti Tami gimana ? aku udah bilang nanti mau bonceng dia”
“Udah nggak apa-apa, tadi aku udah bilang sama dia kalau kamu sama aku”
“Oh, ya udah deh”
“Okeh, aku ambil motor dulu ya. Kamu tunggu di gerbang, okeh!” Rio lalu lari menuju parkiran. Oya, gue kenalin dulu ya, namanya Rio Mahendra Putra, sekelas sama gue. Dia juga murid baru disini, tapi sejak kelas dua. Asalnya dari Bogor. Dia sama kayak gue, pindah ke Purwokerto karena bapaknya pindah tugas ke sini. Wah, kok bisa sama gini ya ? hhi… kalo diperhatiin, Rio-lah temen gue yang paling care, selalu ada kalau gue butuh dan yang paling gue suka, nganterin gue pulang, dan  dia selalu bantu gue kalo ada PR /  tugas. Bukannya gantiin gue buat bikinin tugas, tapi cuma bantu doang. Kadang emang ada materi yang belum gue dapet di sekolah gue yang lama, tapi disini udah di ajarin. Gara-gara kedekatan kami, temen-temen sering ngejekin kita, ya dibilang pacaran lah, nempel terus kayak prangko. Padahal kan engga! Kita kan cuma temenan doang… Tapi kalo pacar mau ?? Ya… ya mau lah, siapa sih yang nggak mau sama orang ganteng kayak dia ?! tapi kan gue udah janji sama ortu, gue nggak akan pacaran kalo gue belum lulus SMA. Lagian emang dia mau sama gue ?? hayoo….
“Shin, mau pesen apa ?” tanya Rio sesampainya kita di KFC.
“Samain sama kamu deh. Aku gabung bareng temen-temen dulu ya” gue lalu meniggalkan Rio yang lagi pesen makanan, menuju ke meja yang disana udah ada temen-temen. Sial, gara-gara ban motor pake gembes segala, kita jadi telat nyampe deh!
“Haayy… maaf ya telat” sapa gue ke temen-temen yang ternyata udah pesen makanan dulu. Gue lihat si Hendi malah udah ngabisin setengah dari makannya. Waduh, emang gue udah telat lama ya ??
“Yah Shin, kok telat sih ?” tanya Ayu sambil menggeser tempat duduk yang kosong di sebelahnya untuk gue.
“Iya, tadi ban motor Rio kempes. Jadi ke bengkel dulu”
“Sama Rio ? katane tadi kamu mau sama Tami ??” tanya Hendi dengan logat ngapaknya itu. Aduh Hen, gue rasa lu nggak pantes deh ngomong pake bahasa Indonesia tapi logat lu masih mendhok gitu, hehe
“Tadinya sih gitu, tapi katanya Rio udah bilang sama Tami, kalo nanti aku ikut Rio. Ya udah deh …” tiba-tiba Rio datang membawa nampan yang berisi makanan pesenan gue sama dia.
“Nih makanannya …” kata Rio sambil menaruh sepiring kentuchky pesenan gue
“Ciee… perhatian amat kamu Yo sama Shinta?! Kenapa nggak jadian aja kalian ?? haha” ledek Tami yang tiba-tiba aja nongol di belakang Rio. Kayaknya dia abis dari kamar mandi… Ah, ucapan Tami tadi bikin gue tersipu malu . . . hehe
“Yee… kamu apa’an sih Tam!”
“Kalo dianya mau, ya ayo …” sahut Rio dengan nada agak serius. Waduh, ini maksudnya apa nih ???
“Maksud kamu apa Rio ??” Rio nggak jawab pertanyaan gue. Dia malah sibuk makan. Huhft… gue rasa itu cuma bercandaan aja. Padahal gue harap itu serius Rio…
“Yaah … malu-malu monyet kalian. Udah lah, yang  penting sekarang kita hepi-hepi aja dulu, sebelum kita perang minggu depan, okEEHhh…!!” kata Ayu dengan semangan 45’nya. Iya bener, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya!! Let’s go Partyyy!!!!
 
***
Dua bulan berlalu, dan kita kelas IPA dan IPS dinyatakan lulus seratus persen… Oh kau tahu betapa bahagianya gueee ???? akhirnya gue nggak pake baju putih abu-abu itu! Haha . . . Waktu gue mau pulang setelah ambil pengumuman, tiba-tiba Rio datang.
“Shinta !” 
“Eh, Rio . . .” Kak Rizal yang mengantarku ambil pengumuman, lantas pergi untuk mengambil kendaraan di parkiran.
“Slamat ya!”
“Slamat juga ya Rio. Oya, mau nerusin dimana ?”
“Di Purwokerto aja sih. Aku mau sekolah keguruan Shin, aku pengen kayak orang tuaku, jadi guru, hehe”
“Ooh …”
“Trus kamu ? mau nerusin dimana ?”
“Kayaknya di luar deh Rio. Papa udah milihin universitas di Bandung. Berat juga sih ninggalin kalian semua disini, karena kalian semua sahabat aku yang paling aku sayang!” Terutama elu Rio . . . Duh, mulai ngarep deh gue. Kenapa ya, rasanya berat banget buat gue pergi dari Rio ? apa mungkin gue suka sama dia ? saat mata ini rasanya pengen keluarin air mata, tiba-tiba Rio memegang tanganku erat. Dag dig dug gue . . . jadi deg-degan…
“Shin, suatu saat nanti kalau kita ketemu, aku mau kamu udah jadi milik aku” genggamannya semakin erat, dan terasa… tangan gue semakin sakiiitt…. Aduh Rio, kenceng banget si lu pegangnya…
“Maksud kamu apa Rio ?” tanya gue sambil sedukut menunduk. Gue nggak mau Rio ngelihat muka gue yang udah mulai merah kayak saos
“Kamu pasti tahu maksud aku. Shin, aku mau kamu janji sama aku”
“Janji apa ?”
“Kamu nggak akan kasih hatimu selain buat aku. Karena aku sayang banget sama kamu Shin…” Rio … Rio Mahendra Putra… apa itu artinya lu nembak gue ? lu cinta sama gue ??? Ya Alloh.. terimakasih engkau telah mengabulkan harapanku selama inii….
“Rio… kalau aku kasih hati aku ke kamu, nanti aku mati dong ? Terus aku nggak bisa muka gantengmu itu … hehe” jawab gue sambil sedikit bercanda. Itung-itung buat nutupin rasa canggung gue dihadapannya.
“Shinta …”
“Aku janji Rio . . . kamu juga harus janji ya, saat kita ketemu nanti, kamu harus masing single! Okeh ?” Hha… janji yang gue buat, konyol juga ya. Dia cuma tersenyum lebar, itu artinya dia setuju sama janjinya. Tiba-tiba, ada suara siulan dari beberapa orang di belakang gue.
“Cieeee………. Uis dadian carane pa kye ??? haha”5 Ledek Hendi sambil tertawa. Matanya yang terlalu kecil udah nggak kelihatan lagi karena ketawanya yang terlalu lebar. Sampai dia nggak lihat kalau ada batu didepannya, dan …. BRRUUKK!!
“Aaaaoooww ………Heenndiiiiiiii!!!!!!!!!!” Awas lu Hen, kali ini lu nggak bakalan lolos dari kejaran gue!!! Dua bulan gue rutin lari pagi dan lari sore! Dan gue pasti bisa tangkap elu sekarang!!!

***
My Lovely Town … sebuah kota yang gue pikir kota kecil, orangnya ndeso-ndeso, nggak gaul. Ternyata semuanya salah! Memang benar jauh berbeda dari kota Jakarta. Disini nggak macet, nggak terlalu panas kayak di Jakarta. Orangnya juga ramah-ramah, friendly. Disini, gue bisa dapetin apa yang nggak bisa gue dapetin di kota asal gue. Gue dapet sahabat yang baik,yang sayang banget sama gue,  yang nggak cuma bisa memanfaatkan kebaikan sahabatnya sendiri. Disini juga, gue nemuin cinta pertama gue. Orang pertama yang gue cinta setelah terbebas dari janji gue ke ortu. Walaupun kita kuliah di beda kota, tapi gue yakin, dia adalah orang pertama dan terakhir buat gue, dan gue percaya dia. Gue janji, suatu hari nanti gue akan balik ke kota ini dan gue akan tetap tinggal disini. That’s my promise!

-Sekian-

1Hhaa.. gua gue …! Disini nggak ada gua gue mbak, yang ada ya inyong, hahhaa
2 “Maaf ya tadi udah nabrak kamu. Beneran aku nggak sengaja”
3 “Tam, dia nggak tahu bahasa kita apa ?”
4 “Nggak Hen,pake bahasa Indonesia aja”
5 “Cieeee………. Udah jadian nih ?”


Oleh : Annisa H M Sani @ Purwokerto