Aug 3, 2011

Cerpen Misteri: Bendera Kuning

Bendera Kuning
  oleh: Lee sheiyya Fukada
Lantunan lagu Karena Ku Sanggup-nya Agnes mengiringi langkahku menuju rumah sahabatku, Bonnie.

Tapi langkahku terhenti karena kakiku menginjak sesuatu yang kupikir adalah selembar kertas.
Saat kutundukkan kepalaku, aku tersentak. Bendera kuning! Bukannya itu berarti ada seseorang yang meninggal. Aku jadi agak parno.

“ Semoga bukan pertanda buruk, “ bathinku.
Lalu akupun melanjutkan langkahku setelah sebelumnya kuletakkan kembali bendera itu di tempatnya.

Ku lihat Bonnie sedang asyik bermasker ria saat aku masuk ke kamar kost-an nya.
Tanpa komando akupun langsung melempar tubuhku ke atas tempat tidurnya.
“ Dari mana, sih, lo cyin? “ ujarnya tapi tak jelas kudengar.
“ Ngomong apa, sih, lo? “ sahutku seraya mendekatkan wajahnya yang hampir tertutup masker itu ke depan wajahku.
“ Aira…!!! “ pekiknya sambil melotot ke arahku.
Aku hanya tertawa melihat maskernya yang berantakan.
“ Ancur, deh, muka eike. Berantakan semua perawatan eike. Gara-gara yey, nih,” tukasnya.
Lalu dengan setengah berlari ia menuju kamar mandi. Aku hanya tersenyum melihat tingkahnya yang seperti cacing kepanasan.
Dengan wajah cemberut, ia menghampiriku.
“ Dasar lo bisanya ngerecokin eike aja, “ ujarnya.
“ Lagian lo, saban hari kerjaannya perawatan mulu. Mau cari cewe apa cowo, nih? “ sahutku.
“ Iyyhh….dasar yey emang sobat yang durhaka tiada tara. “
Aku hanya tertawa.
Bonnie adalah sahabatku sejak SMA. Dia itu cowo yang baik, tapi…ya itu tadi lah…agak sedikit feminim! Padahal kalo dia bener-bener cowo, pasti banyak banget, deh, cewe yang ngantri jadi pacarnya. Perhatian dari seorang ibu ngga pernah dia dapet sejak kecil. Makanya sikapnya jadi feminim. Walau begitu, aku tetap menyayangi dia sebagai sahabatku.
Saat kami sedang berbincang, tiba-tiba aku teringat peristiwa tadi. Aku terdiam sejenak.

“ Napa lo tiba-tiba diem gitu? Kaya orang kesambet aja, “ ujar Bonnie.
“ Bon, di gang sebelah ada yang meninggal, ya? “ tanyaku.
“ Gang yang mana? “
“ Itu, lho, gang yang di depannya ada pohon beringin itu. “
“ Oh, itu. Iya, ada yang meninggal. Cuco, lagi. “
“ Emang meninggal gara-gara apa? “
“ Yang eike denger, sih, katanya kecelakaan. Ih..serem, deh. “
“ Oh…. “
“ Kenapa emangnya? “ Tanya Bonnie.
Tapi aku ngga langsung jawab.
“ Tadi, gua ngga sengaja nginjek bendera kuningnya yang jatoh di depan gua, Bon, “ jawabku pelan.
“ Apa? Serius lo, Nek? “ Bonnie tersentak.
Aku mengangguk pelan.
“ Aduh…gimana, sih, yey. Makanya kalo jalan, tuh, liat-liat. “
“ Ya, gua, kan, ngga sengaja. Lagian gua juga ngga tau kalo, tuh, bendera jatoh di depan gua, Bon. “
Sejenak kami terdiam.
“Terus gimana, dong? “ kataku pelan.
“ Ya udah, lah. Semoga ngga terjadi hal buruk. “


Udah beberapa hari sejak kejadian itu. Dan akupun sering merasakan sesuatu yang aneh. Seperti ada yang mengikutiku kemanapun aku pergi. Tapi aku ngga tahu itu apa atau siapa.
Malam ini hujan turun cukup deras. Jam udah lewat angka sebelas. Kucoba memejamkan mata untuk tidur, tapi ngga bisa.
Kurasakan ada udara dingin yang merasuk ke tubuhku. Tiba-tiba saja tengkukku seperti ditiup. Bulu romaku pun berdiri.
Angin yang cukup kencang memainkan gorden jendela kamarku. Aku merasa melihat sekelebat bayangan melintas di depan mataku.
Spontan kupejamkan mataku. Untuk beberapa saat aku ngga berani membuka mata.
Tapi, kucoba untuk membuka mataku perlahan. Dan mataku terbelalak saat aku melihat sesosok tubuh sudah duduk disampingku. Ingin sekali rasanya menjerit sekencang-kencangnya, tapi suaraku rasanya tetahan di tenggorokanku. Aku kembali memejamkan mataku dan berharap saat kubuka mataku lagi, sosok itu sudah menghilang.
Tapi, saat kubuka kembali mataku sosok itu malah semakin nyata di depanku.
Wajahku langsung memucat, keringat dingin mengucur dari wajahku.
Sosok itu menatapku.Tatapannya begitu tajam.
Aku akui, sosok itu memiliki mata yang indah dan wajah yang tampan. Tapi sayang pucat pasi.
Jantungku berdetak begitu kencang hingga aku bisa merasakan suara detakannya.
Sosok itu tersenyum.
“ Sorry, ya. Gua ngga bermaksud bikin lo takut, “ suaranya terdengar menggema.
Aku tersentak.
“ L..l..lo..siapa ? “ tanyaku gemetar.
“ Masa lupa, sih, sama gue. “
“ Gua ngga kenal sama lo. Lagian, lo bukan manusia, kan. “
Dia tersenyum.
“ Emang gua bukan manusia. “
“ Terus ngapain lo di sini? “
“ Ya ini gara-gara lo sendiri. “
“ Gara-gara gua gimana maksud lo? “
Dia ngga langsung jawab. Berdiri lalu berjalan ka arah jendela. Melihat hujan di luar jendela, lalu berbalik.
“ Lo udah nginjek bendera gua. Inget ngga? “ katanya kemudian.
Aku mengernyitkan dahi. Bendera? Jangan-jangan…
Sosok yang ada di depanku ini adalah orang yang meninggal yang bendera kuningnya ngga sengaja kuinjak.
“ Jadi lo orang yang meninggal itu? “
“ Yup! Dan sekarang gua akan terus ngikutin lo. “
“ Apa maksud lo akan terus ngikutin gua? “
“ Ya gua akan ngikutin lo terus kemanapun lo pergi. "
“ Kenapa? “
“ Ya itu karna lo udah nginjek bendera gua. Itu, kan, sama aja lo ngga menghormati gua. “
“ Tapi iu , kan, bukan kesengajaan. Gua juga ngga tau kalo ada bendera jatoh di kaki gua. “
“ Ya poko’ nya itu, sih, urusan lo. Yang penting sekarang gua akan ngikutin lo terus. “

Bener-bener mimpi buruk. Kutukan. Yang bener aja, masa aku harus diikutin kemanapun aku pergi, apa lagi yang ngikutin bukan manusia. Sampai kapan harus begini terus.

“ Mau sampe kapan lo ngikutin gua? “ tukasku pada hantu cowo yang belakangan ku ketahui bernama Ray itu.
“ Mmmm…sampe kapan ya… “
Aku menatapnya sinis.
“ Ngga mungkin, kan, lo ngikutin gua selamanya? “ kataku kemudian.
“ Mungkin aja. “ jawabnya enteng.
Andai aja aku bisa menyentuhnya, pasti udah ku tonjok wajahnya yang cakep itu. Tapi semuanya hanya tertahan dalam hati saja. Aku sangat sangat membencinya. Gara-gara dia hidupku jadi ngga normal. Beberapa temanku berfikir aku udah ngga waras karena mereka sering memergokiku ngomong sendiri. Padahal aku lagi ngomong sama hantu yang menyebalkan ini. Bahkan Bonnie sahabatku pun ngga percaya sama ceritaku. Beberapa kali aku mencoba membuktikan pada Bonnie kalo aku bener-bener lagi diikutin hantu. Tapi sialnya, Ray sama sekali ngga mau nampakin dirinya sama Bonnie. Beber-bener ngeselin!


Suatu hari..
“ Kenapa lo diem aja? “ Tanya Ray.
“ Lagi mikir. “
“ Mikir apa? “
Aku ngga langsung jawab.
“ Gua lagi mikir gimana caranya biar lo ngga ngikutin gua terus, “ ujarku kemudian.
Ray terdiam.
“ Gua, kan, udah kasih tau lo gimana caranya, “ sahutnya kemudian.
“ Tapi, kan, itu ngga mungkin Ray. Gua aja ngga tau bendera itu ada dimana. Lagian, ngga mungkin juga masih disimpen ampe sekarang, “ kataku panjang lebar.
“ Ya itu, sih, de-el. Berarti gua akan terus ngikutin lo selamanya. “
“ Ngga bisa gitu, dong. Gua, kan, pengen hidup normal. Gara-gara lo gua jadi putus sama cowo gua. Dia juga mikir gua udah ngga waras. “
“ Salah cowo lo sendiri, kenapa dia mutusin lo. Berarti dia ngga sayang sama lo. Buktinya, dia aja ngga percaya sama lo. “
Aku terdiam sejenak. Bener juga kata, nih, hantu.
“ Kenapa diem? “ tanyanya.
“ Ngga kenapa-napa, “ jawabku sambil berlalu.

Kenapa ini harus terjadi padaku? Sampe kapan aku akan terus diikuti sama Ray?
Sebenernya aku udah coba untuk menjalankan hidupku yang normal, tapi ngga bisa. Ray selalu mengikutiku kemanapun aku pergi.
Belakangan ini aku jarang mengobrol dengannya lagi. Dia juga jarang menampakkan dirinya padaku. Dan, dalam hatiku mulai timbul perasaan yang aneh. Ngga mungkin ini cinta! Tapi, jujur aku merasa kehilangan dia.
Malam ini, dia ngga muncul. Seharian aku belum melihatnya.
“ Ray…? “ kucoba memanggilnya.
Tapi ngga ada jawaban.
“ Ray…lo disini? “ ujarku sekali lagi.
Tapi masih ngga ada jawaban. Hufft! Kurebahkan tubuhku di atas tempat tidur. Memandang langit-langit kamarku yang berwarna hitam itu. Ray kemana, ya? Kenapa hari ini dia ngga muncul?
Kupejamkan mataku, tapi terasa ada hembusan angin yang menerpa wajahku.
Saat kubuka mata…
“ Ray? “
Dia tersenyum. Aku baru sadar, tubuh Ray berada di atas tubuhku. Wajahnya yang pucat itu, berada begitu dekat dengan wajahku. Kami saling menatap. Makin dalam…
Tangannya mengusap keningku. Dingin. Lalu tersenyum.
“ Maaf, ya, Aira… “ ucapnya.
“ Maaf? Kenapa? “
“ Selama ini gua udah bohongin lo. “
Aku tersentak.
Ray beranjak lalu berbaring di sebelahku.
Sejenak terdiam.
“ Bohong soal apa, Ray? “ tanyaku.
“ Gua bohong soal bendera kuning itu. “
“ Maksud lo? “
“ Lo ngga harus nyari bendera itu buat bikin gua ngga ngikutin lo lagi. Sebenernya, gua bisa pergi kapanpun gua mau. “
“ Apa? “
“ Gua Cuma pengen bisa deket sama lo aja, Ra. Tapi gua nyesel banget. Kenapa baru sekarang gua bisa deket sama lo. Kenapa ngga waktu gua masih hidup aja. “
“ Ray… “
“ Itulah bodohnya gua, Ra. Gua ngga punya keberanian buat deketin lo. “
“ Tapi dulu, kan, kita ngga saling kenal. “
Ray terdiam sesaat.
“ Gua suka merhatiin lo diem-diem, Ra. Pertama kali gua liat lo jalan di depan gang itu, gue ngerasa ada perasaan yang lain yang sebelumnya ngga pernah gue rasain, Ra. Cinta! “
Kali ini aku yang terdiam.
“ Makin lama perasaan itu makin dalem gua rasa. Dan, gua ngga bisa nahan lagi. Lo inget, ngga, hari dimana lo nginjek bendera kuning itu? “ ujarnya sambil menoleh ke arahku.
Aku mengangguk pelan.
Hari itu, pagi-pagi banget gua udah siap-siap. Gue pengen nyatain perasaan yang selama ini gua pendem sama lo, Ra. Yah, walaupun sebelumnya kita ngga saling kenal. Dengan ngga sabar gua ngendarain motor gua dengan cepet. Sampe… “
Ray ngga ngelanjutin.
“ Ray…”
“ Saat gua sadar, ternyata raga sama roh gua udah misah, Ra, “ lanjutnya.
Kulihat wajahnya begitu sendu. Bisa kurasakan saat ini hatinya terasa pedih.
Aku mencoba untuk menyentuhnya. Tapi ngga bisa.
Ray menatapku.
“ Gua pengen nyentuh lo, Ray..” pintaku.
“ Ikutin perintah gua! “
Aku mengangguk. Dia menyuruhku untuk memejamkan mata, lalu membayangkan wajahnya, dan merasakan apa yang aku rasakan. Kemudian….kurasakan pelukan yang begitu erat namun dingin. Aku mulai membuka mataku.
“ Gua sayang sama lo, Ra..” bisiknya di telingaku.
“ Gua juga sayang sama lo, Ray…. “
Ngga kerasa air mataku mulai menetes.
“ Gua ngga mau pisah sama lo, Ray.. “ ujarku pelan.
“ Gua juga, Ra. Tapi kita ngga mungkin nyatu. Alam kita udah beda. “
“ Kenapa ini harus terjadi sama gua? “ sesalku.
Ray melepas pelukannya.
“ Ini saatnya, Ra… Gua harus pergi. “
Aku menggeleng, “ Ngga! Lo ngga boleh pergi, Ray. Lo ngga boleh tinggalin gua sendirian. “
“ Gua juga ngga pengen ninggalin lo, tapi gua harus, Ra. “
Aku menggenggam erat tangannya yang dingin. Mengiba padanya agar dia jangan pergi. Tapi ngga mungkin bisa.
Ray memelukku erat. Lalu melepasnya.
Mencium keningku dan turun ke pipiku, sampai akhirnya ciumannya mendarat di bibirku. Walaupun hanya dingin yang kurasakan, tapi aku bisa merasakan Ray sangat sangat menyayangiku.
“ Jaga diri lo baik-baik ya, Ra… “ pesannya.
Aku mengangguk dengan penuh air mata.
“ Hey…janji satu hal sama gua, “ pintanya.
“ Apa? “ tanyaku terisak.
“ Jangan pernah sedih en nangis lagi, ya…”
Tapi aku masih terisak.
“ Kalo lo ngga bisa janji, gua ngga akan tenang di sana, Ra, “ lanjutnya.
Aku mengangguk pelan.
“ Senyum, dong… Gua, kan, ngga mau pergi tanpa senyum lo. “
Aku tersenyum. Lalu sekali lagi memeluknya dengan erat.
“ Gua pergi, ya…” perlahan Ray melepas genggamannya.
“ Ray…. “
“ Gua tinggalin sesuatu buat lo di laci. Simpen baik-baik, ya… Gua sayang sama lo, Ra… “
Itulah kata-kata terakhir yang kudengar darinya. Perlahan sosoknya menghilang bersama angin.
Dan seketika menjadi senyap. Aku teringat pesan Ray. Bergegas kubuka laci mejaku.
Aku tersentak. Bendera kuning… aku mengambilnya. Secarik kertas berwarna oranye terselip bersamanya.


Untuk yang terindah,

Walaupun kita takkan pernah menyatu, namun cintaku hanya untukmu..
Kau adalah hal terindah yang pernah kudapat dalam kehidupan kedua ku.
Tapi aku tak kan pernah menyesal, karena aku bahagia telah mengenalmu….

Selamanya cinta…



Ray.
Kupeluk erat bendera kuning itu….Selamanya aku ngga akan ngelupain kamu, Ray…..