Aug 29, 2009

tips mudik 2009: tinggalkan rumah dengan aman

Tips mudik 2009. Untuk anda yang akan melakukan mudik (pulang kampung) pada hari lebaran nanti. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda meninggalkan rumah. Tentu dengan tujuan agar rumah anda aman dari hal-hal yang tidak diinginkan (pencurian, kebakaran, dsb.) selama anda mudik sampai anda kembali lagi kerumah.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum anda meninggalkan rumah.

Jangan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Kalau memungkinkan, suruh seseorang untuk menjaga rumah. Bisa keluarga, saudara, pembantu, atau satpam. Tapi, kalau semuanya mudik anda bisa menitipkan rumah kepada tetangga atau ketua RT.bahwa anda akan mudik dan rumah anda dalam keadaan kosong. Beritahukan juga berapa lama anda akan meninggalkan rumah (mudik) dan kapan anda kembali.

Titipkan kepada petugas keamanan (petugas ronda atau satpam). Supaya mereka mengecek keadaan rumah anda. terutama di malam hari.
Jangan lupa memberikan nomor handphone yang mudah dihubungi, jikalau ada terjadi sesuatu dengan rumah anda.

Kalau rumah anda ada dalam sebuah komplek perumahan, ada baiknya untuk bersosialisasi dengan penghuni komplek lainnya (terutama yang akan mudik lebaran) untuk menambah atau menyewa jasa tenaga keamanan komplek selama musim mudik lebaran.

Periksa barang-barang, perangkat rumah tangga, yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. Amankan..!
Periksa barang-barang yang bisa menimbulkan terjadinya ledakan semacam tabung gas. Amankan..!
Periksa benda-benda yang sangat berharga, semisal uang dan perhiasan. Amankan..!

Kalau anda memiliki anjing di rumah, manfaatkan si dogy untuk menjaga rumah anda selama anda mudik. Latihlah agar anjing menyalak (menggonggong) ketika dia mencium kehadiran orang asing atau orang yang mencurigakan berkeliaran di sekitar rumah.

Pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat dan terkunci dari luar.
INGAT: 'terkunci dari luar'
kalo terkunci dalam gimana anda kekuarnya..?

tips yang patut dicoba

Jangan menyalakan lampu di depan rumah (lampu luar) yang akan terlihat pada siang hari. Ini akan mengundang niat buruk para pelaku kejahatan. Mereka akan tahu bahwa rumah anda dalam keadaan kosong karena lampunya menyala pada siang hari.
Usahakan sebisa mungkin agar rumah anda terlihat seperti ada penghuninya.

Pada akhirnya, anda harus menyadari satu hal. Bahwa nasib buruk bisa menimpa siapa saja. Termasuk anda. Jadi, jangan sampai anda mengalami depresi apalagi stress ketika rumah anda mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. Kalau sampai anda stress, kerugian anda akan berlipat ganda. Tentu anda faham maksud saya, bukan..?

Yang terpenting dari semua itu adalah bahwa anda sudah berusaha semaksimal mungkin agar hal-hal buruk tidak terjadi. Anda juga sudah berusaha meminimalisir dampak kerugian dari hal-hal tersebut.

Oke.., itu dari saya. Semoga bermanfaat...

SELAMAT MUDIK...
SEMOGA PERJALANAN ANDA MENYENANGKAN dan KESELAMATAN SELALU MENYERTAI ANDA.

Jangan lupa BERDOA.

baca juga
10 tips aman berponsel sambil mengemudi
cerita mudik lebaran dan pembiusan
sms lebaran sms idul fitri