Jan 5, 2011

Halo Matahari Cincin Yogyakarta 2011

Halo matahari atau matahari cincin di Yogyakarta pada 4 Januari 2011 kemarin mengawali munculnya fenomena alam 2011. Fenomena alam halo matahri atau matahari cincin ini sebelumnya sudah pernah terjadi di Cina pada 2010 kemarin, silahkan baca Fenomena Alam 2010. Tapi karena halo matahari ini merupakan fenomena alam yang langka, tetap saja menjadi berita yang menghebohkan. Belum lagi, orang-orang Indonesia suka mengaitkannya dengan hal mistis. Makin heboh deh..!


Apa itu Halo Matahari aka Matahari cincin? Berikut ini penjelasan dari Prof Dr Sudibyakto, M.S, pengamat iklim UGM:

Halo yang terlihat melingkar Matahari tersebut merupakan hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer. Halo terbentuk karena dispersi butir-butir es atau air pada awan sirrus oleh sinar ultraviolet.

Pada saat musim hujan partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya Matahari, karena terjadi pada siang hari, saat posisi Matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil. Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling Matahari.

Jadi Fenomena alam Halo Matahari yang terjadi di Yogyakarta pada Selasa 4 Januari 2011 tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistis atau bencana alam yang akan timbul. Dan tidak perlu dihubung-hubungkan.