Apr 5, 2011

Polisi Gorontalo | Briptu Norman Menurut Anda

Polisi Gorontalo - Briptu Norman menurut Anda, lucu atau memalukan? Seorang anggota Polisi Gorontalo bernama Briptu Norman, bikin heboh dunia maya dengan video lipsync nya saat menirukan lagu India Chaiyya Chaiyya beredar di youtube. Banyak yang memuji, namun ada jga yang menghujat. Ada yang suka ada yang tidak suka. Ada yang bilang lucu ada yang bilang memalukan. Yah, maklumlah namanya juga komentar orang, berasal dari kepala dan pemahaman serta latar belakang yang berbeda.

Polisi Gorontalo - Briptu Norman Kamaru
Namun dari yang saya lihat sejauh ini lebih banyak yang mendukung aksi konyol nan menghibur dari Anggota Polisi Gorontalo berpangkat Brigadir Satu ini (Briptu Norman Kamaru). Bahkan di twitter Briptu Norman mendapat dukungan dari para pengguna twitter. Seperti yang dikutip tempointeraktif dalam salah satu artikelnya yang berjudul "Polisi Gorontalo Penyanyi Lagu India Dibela Pengguna Twitter".
Bentuk dukungan terhadap Norman terlihat dengan munculnya hash tag #welovebriptunorman dan #janganmarahinbriptunorman.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Gorontalo, Ajun Komisaris Besar Polisi Wilson Damanik, mengungkapkan, pihaknya hanya akan memberikan sanksi berupa teguran atas ulah yang dilakukan Norman Kamaru dalam video itu. “Dari segi etika, selama menggunakan seragam kepolisian jelas video itu kurang etis,” ujar Wilson.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang pengguna Twitter menulis, "Briptu norman di beri sanksi?oh,plis.. He just made some kind of joke.. Beri sanksi pd org yg tepat..." Tulisan tersebut diikuti hash tag #welovebriptunorman.

Pengguna Twitter lainnya menulis, "Hebat! Kreatif begitu mau ditindak?? Asal tahu ya, brapa byk org yg tadinya sedih jd tertawa liat video-nya?"

Bahkan muncul pula hash tag #janganmarahinbriptunorman. "Semua orang bebas berekspresi,,kalau pa Presiden saja boleh nyanyi,knapa Briptu Norman di permasalahkan?" tulis pengguna Twitter lainnya yang mencantumkan hastag #janganmarahinbriptunorman.
Namun di sisi lain, perilaku Briptu Norman tersebut ternyata tidak dikehendaki oleh atasannya. Seperti yang diberitakan oleh situs Vivanews.com dalam artikelnya yang berjudul "Joget India Polisi ‘Gaul’ Terancam Sanksi". Berikut kutipannya:
Meski lucu dan menghibur, aksi Norman tak dikehendaki sang atasan. Bukan soal jogetnya. Juru Bicara Polda Gorontalo AKBP Wilson Damanik mengaku, pihaknya menghargai kreativitas Norman yang menghibur rekan-rekannya, juga dirinya sendiri. “Karena dalam suasana piket, ada titik jenuh, bosan, duduk terus. Polisi kan juga manusia,” kata dia kepada VIVAnews.com, Selasa 5 April 2011.

Briptu Norman memang diketahui hobi menyanyi. "Kalau ada acara di Polda dia sering nyanyi, lagu India juga. Kayaknya dia memang fans lagu India," kata Wilson, geli.

Namun, ada sisi negatif dari penampilan Norman yang tak bisa dibiarkan. Yakni, soal etika, “Figur anggota polisi berpakaian dinas kan harus menjaga kehormatan, apalagi dalam pelaksanaan tugas, harus berwibawa,” kata Wilson.

Cacat yang lain, penampilan Norman terlalu gaul. “Dalam gerakannya itu, saat menjulurkan lidah, ternyata ada semacam anting (tindik). Itu terkesan gaul, kurang etis,” kata dia. Dengan nada serius, Wilson mempertanyakan kenapa rekaman video itu sampai diunggah ke Youtube. Itu artinya, seluruh dunia bisa menyaksikannya.

Lalu apa sanksi yang akan dijatuhkan untuk Norman? “Kami akan memberikan teguran, seperti orang tua dan anak, agar tidak terlalu gaul seperti artis Bollywood,” kata Wilson.

Sementara, dari Jakarta, Markas Besar Kepolisian memerintahkan Polda Gorontalo untuk memeriksa Briptu Norman Kamaru. "Sudah diperintahkan diperiksa untuk diambil keterangan," kata Kepala Korps Brimob Mabes Polri, Inspektur Jenderal Syafii Aksal, Jakarta, Selasa 5 April 2011.
Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda mendukung aksi Polisi Gorontalo ini sebagai sesuatu yang menghibur atau justru sebuah pelanggaran? Hmmmh, kalo saya sendiri sih berharap, Briptu Norman tidak diberi sanksi apapun. Yah, kalau harus, hanya berupa teuran saja. Karena terus terang saya pribadi merasa cukup terhibur setelah menonton video tersebut. Bagi yang ingin menonton videonya, silahkan lihat dalam artikel "Polisi Nyanyi Lagu India" dan semoga Anda juga terhibur.