Jan 22, 2011

Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak orang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, terutama cewek. Tapi di artikel ini saya tidak akan memberikan tips menurunkan berat badan atau cara diet agar tubuh langsing. Justru sebaliknya, saya akan memberikan kepada Anda beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan berat badan.

Menurunkan Berat Badan

Lha, apa tidak salah tuh, masak makan bisa menurunkan berat badan? Bukannya nanti bakal tambah melar?

Yah, kalau makannya sembarangan seperti ngemil di malam hari, mungkin memang berakibat pada obesitas alias kegemukan. Tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu anda dalam program menurunkan berat badan. Inilah beberapa jenis makanan tersebut:

Omelet

Telur merupakan sumber protein yang paling ideal. Protein dapat membantu pembentukan otot, yang dapat membantu pembakaran kalori lebih banyak. Yang lebih menarik lagi Anda tak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya, karena 25% lemak dalam telur akan terbakar dengan sendirinya saat tubuh mencernanya. 2 porsi omelet dapat memenuhi kebutuhan protein Anda setiap harinya.

Kacang

Banyak makan kacang dipercaya dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Mungkin hal ini disebabkan protein tinggi dan serat tinggi yang terkandung di dalamnya. Selain itu kacang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Menjadikannya sebagai camilan setiap hari sepertinya bukan ide yang buruk.

Quinoa

Adalah jenis biji-bijian sehat yang banyak dijumpai di daerah Andean, Amerika selatan, juga Spanyol. Quinoa mengandung banyak protein yang berfungsi sebagai penahan lapar, serat, dan juga mengandung sedikit karbohidrat dibanding makanan pokok lainnya. Ingin merasakan khasiatnya? Gantikan saja nasi yang biasa Anda makan dengan Quinoa.

Teh

Teh hijau merupakan penurun lemak yang sangat efektif. Penelitian pada 240 pria dan wanita di Jepang yang minum teh hijau menunjukkan mereka dapat menurunkan berat badan. Untuk hasil yang maksimal seduhlah 1 kantung teh hijau sesering mungkin. Semakin pahit dan semakin gelap warnanya, semakin baik teh itu.

Susu

Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa menambahkan dua cangkir susu skim setelah workout akan lebih membentuk otot Anda dan membakar lemak dua kali lebih banyak daripada minum minuman khusus untuk olahraga. Namun pastikan susu yang Anda minum benar-benar susu sapi asli.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan menemukan tubuh yang ideal. Selamat makan!